JAKARTA MARMER GRANIT
Kami Siap mensupply Marmer dan Granit dengan Kualitas terbaik dan Harga yang sangat bersaing
Pesan Sekarang

Cara Merawat Granit Lantai Agar Selalu Kinclong

Cara merawat granit lantai sebenarnya tak jauh berbeda dengan cara perawatan lantai keramik yang lainnya. tampilan yang menawan dengan dan tekstur yang beragam membuat granit menjadi idola dalam membuat rumah menjadi lebih menarik atau atraktif. Batu granit sebelum diolah oleh industri pengolahan batu alam memiliki karakteristik yang hampir sama dengan batu biasa yakni terksturnya kasar dan tapilannya kusam. Namun seteah diolah dan diproses, batu granit adalah pilihan tepat dalam membuat rumah menjadi lebih elegan. Teksturnya yang halus dengan warna dan corak urat yang variatif  serta tampilannya yang selalu mengkilap membuat granit semakin diminati. Namun supaya dapat bertahan lebih lama, diperlukan perawatan khusus. Batu granit merupakan pilihan yang lebih baik daripada bahan lainnya untuk lantai karena memiliki ketahanan terhadap panas yang lebih tinggi dan memiliki resiko terbakar yang sangat kecil.


Cara Merawat Granit Lantai
Supaya selalu terlihat kinclong atau mengkilap dan dapat tahan lebih lama, lantai granit memerlukan perawatan dan pembersihan secara berkala. Berikut ini adalah beberapa cara merawat lantai granit supaya selalu terjaga kebersihannya dan selalu terlihat mengkilap.
-          Selalu membersihkan debu
Cara pertama yang wajib dilakukan setiap hari dalam proses perawatan lantai granit adalah membebaskan lantai granit dari debu dan kotoran. Bahan yang paling rawan merusak permukaan lantai granit sebenarnya adalah pasir atau debu yang saling menggesek sehingga menimbulkan goresan-goresan pada lantai yang akhirnya membuatnya tak terlihat mengkilap lagi alias kusam. Untuk itu, bebaskan lantai dari debu dan kotoran wajib dilakukan secara rutin. Pembersihan ini dapat dilakukan dengan kain lap kering yang berbahan halus misalnya mikrofiber. Gerakan lap kering dengan sedikit penekanan suaya debu tidak menggores.
-          Memasang tikar mats
Supaya lantai terbebas dari debu atau tanah yang daat terbang dengan mudah, selain membersihkan lantai dari debu secara rutin, hal yang dapat membantu mengambat kotoran tersebut masuk ke dalam tumah adalah dengan memasang alas pembersih kaki atau tikar mats di dekat celah pintu. Pada umumnya debu dan tanah dapat masuk rumah dan berasarang di lantai melalui celah pintu. Untuk itu, hambat pergerakannya dengan tikar mats atau keset. Dengan demikian debu dan tanah kering tidak dapat mask secara bebas ke dalam rumah dan membuat lantai granit mnjadi kusam jika dibiarkan terus menerus.
-          Bersihkan dengan cairan khusus
Cara merawat granit lantai agar kinclong yang selanjutnya adalah dengan membersihkan secara rutin lantai granit dengan cairan khusus pembersih granit atau marmer. Apabila terdapat tumpahan air minum atau kuah lainnya di atas lantai, segera bersihkan dengan cairan tersebut menggunakan lap yang halus. Kandungan dalam air minum atau kuah yang tumpah tersebut dapat menyebabkan tampilan lantai menjadi kusam dan tidak mengkilap. Jangan sekali-kali membersihkan lantai granit dengan caioran yang mengandung asam, alkali atau pemutih karena dapat merusak permukaan lantai ganit. Cairan pembersih lantai granit dapat dibuat sendri yakni dengan mencapurkan cairan sabun cuci piring dengan alkohol perbandingan 3:1 ke dalam air pada ember atau wadah lainnya lalu aduk dan siap digunakan.
-          Berikan sealer
Sealer merupakan pelapis lantai granit untuk menjaga tingkat kilap yang tinggi namun dapat secara aman digunakan. Pelapis dapat diperoleh dengan mudah di toko-toko penyedia. Penggunaan sealer yang baik ialah satu kali saja dalam jangka waktu satu bulan. Aabila terlalu sering memoleskan pelapis khusus grankit atau sealer, dikhawatirkan dapat membuat permukaan menjadi terkikis dan justru mengalami kerusakan. Supaya kilap lantai granit dapat lebih selalu terjaga, gunakan bantalan karet pada alas perabit atau furniture seperti meja, kursi, ranjang, almari dan klain sebagainya. Hal ini apat mengurangi terjadinya gesekan-gesekan kasar yang dapat membuat kusam lantai granit.
Peralatan Yang Tidak Boleh Digunakan Saat Membersihkan Lantai Granit
Dalam melakukan beberapa cara membersihkan granit lantai seperti yang dijelaskan di atas, terdapat beberapa peralatan yang tidak diperkenankan untuk digunakan dalam proses pembersihan atau perawatan lantai granit. Peralatan tersebut tidak boleh digunakan karena dapat merusak dan menimbulkan giresan pada lantai granit. Berikut ini adalah dafar peralatan yang dimaksud.
-          Vaccum cleaner karena rodanya dapat menimbulkan goresan pada lantai sehingga mengganggu kilapan lantai.
-          Cairan yang mengandung asam tinggi karena dapat merusak dan mengikis permukaan lantai granit.
-          Lap dengan permukaan kasar meskipun saat membersihkan noda berkerak karena justru dapat membuat lantai granit menjadi kusam karena gesekan-gesekannya.

Bagi Anda yang memiliki lantai granit, wajib memahami dan melaksanakan beberapa cara merawat granit lantai yang sudah dijelaskan di atas. Dengan demikian, tampilan lantai granit akan selalu terlihat kinclong dan mengkilap yang ana membuat rumah terlihat semakin mempersona.

Tentang Kami

Kami adalah Supplier Marmer dan
Granit dengan skala besar,
Siap memberikan harga terjangkau
dengan kualitas yang terbaik,
Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]

Hubungi Kami

© jakartamarmergranit.com All Rights Reserved (Jakarta Marmer, Jakarta Granit)