JAKARTA MARMER GRANIT
Kami Siap mensupply Marmer dan Granit dengan Kualitas terbaik dan Harga yang sangat bersaing
Pesan Sekarang

Langkah Serta Cara membersihkan Lantai Granit Agar Mengkilap

 
Cara membersihkan lantai granit agar mengkilap ada banyak sekali dan mudah untuk dilakukan. Kini terdapat banyak sekali macam atau jenis granit di pasaran yang dapat dilihat dari tekstur permukaan sampai dengan kualitasnya. Granit semakin banyak digandrungi masyarakat untuk dijadikan bahan konstruksi lantai, dinding dan perabot yang berkualitas dan menampilkan sisi elegan dan kemewahan. Hal ini dikarenakan beberapa unsur penunjang seperti terdapat beragam variasi yang dapat dipilih, granit mempunyai daya serap air yang sangat rendah sehingga membuat kilap permukaannya dapat bertahan lebih lama serta mempunyai kontur yang kuat dan kokoh.
Kokoh disini memiliki arti granit tetap tahan lama meskipun terbebani oleh beban berat  karena mobilitas tinggi, terjadi banyak gesekan dan benturan namun tidak akan dengan mudah mempengaruhi kualitasnya. Pengaplikasian granit sebagai salah satu konstruksi bangunan lantai di rumah akan menunjukan kemegahan berkelas yang unik dan membuat siapa saja terpukau. Apalagi jika kombinasi warna serta motfinya diaplikasikan dengan perencanaan matang.
Cara Membersihkan Lantai Granit Agar Mengkilap
Meskipun tergolong batu alam yang setelah diolah menunjukkan tampilan yang berkelas, namun granit juga memiliki sensitivitas cukup tinggi yang membuatnya menjadi mudah kusam. Tapi tak perlu cemas, karena terdapat beberapa cara merawat batu granit supaya selalu terlihat mengkilap sempurna. Berikut ini adalah tahapan cara-cara tersebut.
1.      Membersihkan dengan air hangat
Langkah pertama yang dilakukan untuk membersihkan lantai granit adalah menentukan air yang tepat untuk proses pembersihannya. Sebisa mungkin jangan gunakan air ledeng atau air kran karena kandungan klorinnya dapat memberi dampak negatif pada granit. Sebaiknya gunakan air sumur atau air sulingan yang hangat supaya proses pembersihan dapat dilakukan optimal dan tetap aman menjaga granit lebih tahan lama lagi. Air hangat juga dapat membasmi kuman-kuman yang menempel pada permukaan granit sehingga membersihkannya dengan air hangat dapat menjauhkan keluarga dari berbagai penyakit yang mungkin dapat ditimbulkan oleh kuman.
2.      Bersihkan setiap hari
Supaya lantai granit tidak mudah rusak dan selalu terjaga kehigienisannya, bersihkan lantai granit setiap hari. Langkah ini merupakan cara pembersihan terbaik supaya lantai bebebas dari debu. Tidak perlu memberikan obat pembersih jika noda-noda yang ada masih ringan. Cukup gunakan air bersih dan kain halus bersih saja untuk proses pembersihan setiap hari layaknya mengepel lantai biasa.
3.      Hindari bahan pembersih yang bersifat abrasif
Selanjutnya terdapat cara membersihkan granit dari noda yang disebabkan oleh minyak, tumpahan susu, kuah dan lain sebagainya. Agar lantai kembali bersih dan mengkilap, gunakan bahan pembersih dengan pH netral dan tidak mengandung asam berlebih yang bersifat abrasif yakni dapat mengkikis permukaan granit yang berakibat kerusakan.
4.      Tambahkan detergen dalam air untuk menghilangkan noda
Jika menemukan noda yang sulit hilang atau membandel, dapat dibersihkan dengan air bersih yang ditambah detergen seperti sabun cuci piring cair dan dibersihkan dengan kain atau spons halus. Pilihlah detergen yang tidak mengandung lemon atau bahan yang menghasilkan asam lainnya. hal ini dikarenakan kandungan asam akan dapat memicu kerusakan pada permukaan granit lebih cepat karena sifatnya yang abrasif.
5.      Aplikasikan soda kue untuk noda membandel
Jika noda sangat sulit dihilangkan seperti noda tinta, cat atau yang lainnya, Anda dapat menggunakan soda kue yang dibuat menjadi pasta untuk membersihkannya secara maksimal. tinggal oleskan saja pasta soda kue pada noda yang membandel dan biarkan semalaman barulah dibilas bersih pagi harinya.
6.      Gunakan hidrogen peroksida untuk bersihkan granit gelap
Langkah yang selanjutnya yang dapat dilakukan untuk proses perawatan granit adalah dengan mengaplikasikan hidrogen peroksida untuk membersihkan granit yang berwarna gelap. Jika granit berwarna terang, jangan gunakan bahan ini dan sebaiknya gunakan aseton saja.
7.      Lakukan polish granit
Berikutnya adalah proses polish yang merupakan cara membersihkan granit agar kinclong. Pada proses ini, aplikasikan bahan polesan untuk ke seluruh permukaan granit. Tujuannya adalah melindungi kilau dan kilap granit supaya lebih tahan lama. Berbagai bahan polish dapat diperoleh dengan mudah di toko bangunan atau toko khusus perawatan granit. Selalu baca petunjuk mengenai takaran dan petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan sebelum mengaplikasikannya pada granit
8.      Aplikasikan lapisan pelindung kilap granit
Setelah melakukan polish, langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk merawat granit adalah dengan mengaplikasikan bahan pelindung khusus granit yang mudah diterapkan. Kini banyak sekali bahan pelindung granit yang sudah beredar di berbagai toko bangunan ataupun toko khusus perawatan granit. Langkah ini bertujuan untuk lebih menjaga granit agar lebih aman dan terbebas dari noda sehingga mudah dibersihkan. Pelapis granit juga sangat mudah diaplikasikan dan tidak mengandung cairan berbahaya.

Demikianlah beberapa langkah dan cara membersihkan lantai granit agar mengkilap yang mudah dan simple untuk dilakukan.

Tentang Kami

Kami adalah Supplier Marmer dan
Granit dengan skala besar,
Siap memberikan harga terjangkau
dengan kualitas yang terbaik,
Segera hubungi kami untuk pemesanan.

: [email protected]

Hubungi Kami

© jakartamarmergranit.com All Rights Reserved (Jakarta Marmer, Jakarta Granit)